Thursday, January 1, 2009

Fitur – fitur Laptop II (Lanjutan)

10.Memori

Pada umumnya, besar memori yang dapat di-install pada sistem laptop lebih terbatas. Laptop biasanya hanya memiliki 2 slot yang tersedia untuk modul memori dibandingkan PC yang memiliki 4 slot.
Hal penting yang harus diketahui dalam memilih laptop adalah mengetahui besar maksimum memori yang dapat dipasang. Biasanya hal ini dicantumkan oleh produsen, sehingga Anda mengetahui potensi untuk melakukan upgrade sistem di kemudian hari. Berikut ini adalah beberapa jenis memori yang dapat digunakan pada laptop:

144 PIN PC100 SODIMM
144 PIN PC133 SODIMM
172 PIN MicroDIMM DDR NOTEBOOK SODIMMS
200 PIN DDR2 PC2-3200 400MHZ NOTEBOOK SODIMMS
200 PIN DDR2 PC2-4200 533MHZ NOTEBOOK SODIMMS
200 PIN DDR2 PC2-5300 667MHZ NOTEBOOK SODIMMS
200 PIN PC2100 DDR266 NOTEBOOK SODIMMS
200 PIN PC2700 DDR333 NOTEBOOK SODIMMS
200 PIN PC3200 DDR400 NOTEBOOK SODIMMS
214 PIN MicroDIMM 533MHZ DDR2 NOTEBOOK SODIMMS

Spesifikasi memori pada laptop, yaitu sebagai berikut:

PC2-5300 DDR2 SDRAM
PC2-4200 DDR2 SDRAM


11.Card Reader dan PCMCIA

Card reader berfungsi untuk membaca kartu memori eksternal yang biasanya digunakan pada beberapa gadget seperti ponsel, PDA, kamera, dan audio player. Berikut ini adalah beberapa jenis kartu memori:


a.Multi Media Card (MMC)
Memiliki ketebalan 1,6 mm lebih tipis 0,9 mm dibandingkan Secure Digital Card (SD Card) yang banyak digunakan oleh ponsel Nokia.


b.Secure Digital Card (SD Card)
Bentuknya hampir sam dengan MMC, namun memiliki fungsi kock pada fisiknyauntuk memproteksi agar file-file di dalamnya tidak dapat dihapus atau diubah. Kecepatan akses SD Card jauh kebih tinggi dibandingkan MMC.


c.Reduce Sized Multi Media Card (RS-MMC)
Ukuran RS MMC lebih kecil setengahnya dibandingkan dengan MMC, namun memiliki ketebalan yang sama. Memerlukan adapter sambungan khusus untuk keperluan transfer data melalui card reader.


d.Memory Stick Duo
Memori eksternal ini merupakan pengembangan dari model memory stick dengan ukuran lebih pendek 19 mm. Memori Eksternal ini digunakan oleh Sony Ericsson.


e.Memory Stick Micro (M2)
Merupakan pengembangan dari memory stick duo dengan ukuran 15 x 12.5 mm dan ketebalan 1.2 mm. Memerlukan adapter stick duo untuk mentransfer data ke PC.


f. Mini SD
Pengembangan dari SD/MMC dengan ukuran yang lebih kecil dan memerlukan adapter SD untuk mentransfer data ke komputer.


g.Micro SD (Transflash)

Pengembangan dari Mini SD dengan ukuran 11 x 15 mm, ketebalan 1 mm dan memerlukan adapter SD untuk mentransfer data ke PC.

Beberapa jenis card reader yang tersedia pada laptop antara lain adalah:
SD-MMC-MS Pro 4 in 1 Memory Card.
SD-MMC-MS-MS Pro-xd 5 in 1 Memory Card.
SD-SDIO-MMC-MS-MS Pro-xd Picture Card-Hi Speed
SD-Hi density SD 8 in 1 Memory card slot.
Smart Card Reader.
SD card and Memory Stick PROTM slots.

Personal Computer Memory Card International Association (PCMCIA) dapat digunakan untuk menambah fitur-fitur lain yang belum atau masih kurang pada laptop. Beberapa macam PCMCIA yang tersedia antara lain adalah PCMCIA USB, PCMCIA Card Reader, PCMCIA Ethernet LAN, PCMCIA WiFi, PCMCIA HSDPA, PCMCIA Soundcard dan masih banyak lagi. Tipe PCMCIA yang biasa dicantumkan pada spesifikasi laptop:

 PCMCIA CardBus 32bit.
 PCMCIA Type I/II.
 Card reader
 PCMCIA LAN.
 Slot PCMCIA laptop.


12.FingerPrint Scan

Untuk meningkatkan kemanan, kini laptop mulai banyak yang dilengkapi ole scan sidik jari. Biasanya menggunakan sensor datar yang terbuat dari silicon atau kaca, tergantung apakah perangkat tersebut menggunakan perbedaan arus listrik atau citra optik untuk membuat biometric.

13.Port Dial Up dan Port Ethernet

Hingga kini fitur laptop masih dilengkapi dengan port RJ-11 atau port untuk kabel telepon rumah. Spesifikasi laptop fitur ini akan dicantumkan sebagai RJ-11 Modem 56k.

Koneksi internet lain yang sedikit lebih maju adalah dengan menarik kabel jaringan yang sudah ada, atau dengan menggunakan modem Asymmetric Digital Subscriber Line (ADSL) yang membutuhkan koneksi dengan port RJ-45. Kabel yang akan dimasukkan pada port ini, biasa disebut juga Unshielded Twisted Pair (UTP). Fitur port ini dicantumkan pada spesifikasi laptop sebagai:

 Gigabyte Ethernet.
 Ethernet 10/100.
 LAN 100Mbps.


14.Speaker

Beberapa laptop sudah dilengkapi oleh merek-merek speaker kualitas tinggi seperti JBL Pro dan Harman/Kardon.


15.Baterai

Umumnya terdapat tiga jenis baterai laptop yang ada di pasaran yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Ketiga jenis baterai tersebut adalah:

Nickel Cadmium – NiCd
Baterai NiCd adalah baterai laptop pertama. Jenis ini membutuhkan daya yang kecil nemun dapat memberikan output yang besar. Baterai NiCd ini tidak dipergunakan lagi karena lebih berat dibandingkan baterai laptop yang lebih baru.

Nickel Metal Hydride – NiMH
Biasanya untuk laptop dengan model yang lebih lama. Baterai ini lebih handal dibandingkan baterai NiCd bahkan memiliki output yang lebih tinggi. Selain itu baterai NiMH juga lebih murah untuk diproduksi dan penggunannya lebih aman. Biasanya jika Anda tidak mengosongkan daya didalamnya, baterai ini dapat mengingat daya yang tersisa dan menganggapnya menjadi acuan nol.

Lithium Ion – LION
Baterai ini tidak memiliki efek memori dan lebih ringan dibandingkan baterai-baterai terdahulu.


16.Sistem Operasi

Mayoritas sistem operasi yang digunakan di Indonesia adalah Microsoft Windows, sehingga untuk mencari software yang kompatibel untuk sistem operasi ini menjadi lebih mudah. Sistem operasi yang digunakan pada komputer sistem umum terbagi menjadi tiga kelompok besar, yaitu:

Keluarga Microsoft Windows – yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95,98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0), Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, dan Windows Vista.

Keluarga Unix yang menggunakan amtarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/LINUX, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/hurd.

Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X Leopard, yang merupakan kelanjutan dari Mac OS X Tiger.

Yang masih tersedia untuk laptop masa kini adalah:
Linux.
Mac OS X.
Windows Vista® Business.
Windows Vista® Home Basic.
Windows Vista® Home Premium.
Windows Vista® Ultimate.
Windows® XP Professional.

No comments:

Post a Comment